Refleksi Isra’ Miraj’ melalui Safari Tiga Masjid

Oleh: Wahyuddin

Ketua Perhimpunan Mahasiswa Muslim Changchun (PERMIC)

Mahasiswa S2 Northeast Normal University

NUTIONGKOK.COM-Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mempunyai sejarah yang sangat penting bagi Umat Islam, peristiwa Isra’ Mi’raj yang menjadi salah satu perjalanan yang sangat bersejarah bagi Umat Muslim.

Bertepatan dengan bulan Maret dan sekaligus bulan Rajab Mahasiwa Muslim Changchun yang tergabung dalam Organisasi Perhimpunan Mahasiswa Muslim Changchun kembali melaksanakan acara bulanan yaitu Khataman akhir bulan, namun pada kegiatan kali ini ada sesuatu yg berbeda dan baru yaitu kegiatan yang dibingkai dalam nuansa Islami dengan kegiatan safari ke tiga Masjid di kota Changchun  dengan tujuan merefleksi perjalan Isra’ Mi’raj yang bertepatan dengan tanggal 12 April 27 Rajab.

Gambar 1. Foto bareng di depan gapura masjid Erdao (二道清真寺)

Kegiatan kali ini terselenggara melalui kerjasama antara (PERMIC) Perhimpunan Mahasiswa Muslim Changchun dan PCI NU Tiongkok. Adapun kegiatan safari tiga Masjid yang di laksanakan pada hari Ahad tanggal 1 April 2018 diikuti oleh Mahasiswa Indonesia dari beberapa kampus di kota Changchun di antaranya:  Jilin University, Changchun University dan Northeast Normal University.

Beberapa rangkaian dalam kegiatan kali ini diantaranya kunjungan  ke masjid pertama dengan beberapa kegiatan yang terlaksana diantaranya: Silaturrahmi dengan pengurus masjid, diskusi keislaman perihal perkembangan muslim di kota Changchun,  selanjutnya perjalanan di lanjutkan ke masjid ke dua (Masjid Agung Changchun). Mesjid ini merupakan Masjid terbesar yang ada di kota Changchun dan menjadi salah satu pusat berkumpulnya Umat Muslim di Changchun baik ketika pelaksanaan hari raya Idul Adha maupun Idul Fitri, rasa syukur besar ketika kunjungan berlangsung  kami  dapat bertemu dengan sesepuh pengurus Masjid dan kembali menjalin silaturrahmi dengan para pengurus masjid tersebut.

Gambar 2. Ketua PERMIC menyerahkan cindera mata kepada Imam Masjid Erdao

Gambar 3. Redaksi NUTIONGKOK menyerahkan Cindera mata ke Imam Masjid Agung Changchun (长春大清真寺)

Selanjutnya perjalanan di lanjutkan ke Masjid ke tiga. Masjid tersebut berlokasikan di pinggiran kota Changchun, jauh dari suasana perkotaan. Masjid ini dibangun menggunakan dana swadaya yg terkumpul oleh jamaah Muslim Jilin, meskipun berada di pinggiran kota, Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di kota Changchun.

Rasa syukur yang tak terhingga, kegiatan ini dapat belangsung dengan lancar dan para peserta sangat menikmati kegiatan safari tiga Masjid. Begitupun degan sambutan para pengurus Masjid yang sangat bersahabat dan bersahaja yang memberikan perasaan yang senang dan bersyukur menjadi Muslim yang mempunyai Saudara di setiap pelosok Negeri. Sambutan tak terduga ketika salah satu pengurus Masjid menyiapkan jamuan sederhana dan memberikan beberapa buku tentang muslim ke setiap peserta safari tiga Masjid.

Gambar 4. Ketua PERMIC menyerahkan cinderamata ke imam Masjid Songjia (宋家清真寺)

Gambar 5. Memberi hadiah Jilbab dan kitab untuk jamaah Putri Masjid Songjia

Hal terpenting dari rangkaian kegiatan ini adalah merefleksikan Perjalanan Nabi Muhammad SAW melalui safari perjalanan mengunjungi beberapa Masjid guna menjalin tali silaturrahmi antara jamaah muslim Indonesia yang berada di kota Changchun dan jamaah muslim Tiongkok di kota Changchun.

 

pcinutiongkok

Leave a Reply

Next Post

PERMUSIM, PCI NU TIONGKOK, DAN JAMA'AH AL-HASANAH MEMPERINGATI ISRA' MI'RAJ

Mon Apr 16 , 2018
Oleh: Su’ud Tasdiq Katib Syuriah PCINU Tiongkok Mahasiswa S2 University of Finance and Economic Shanghai NUTIONGKOK.COM-Perhimpunan Mahasiswa Muslim Indonesia di Shanghai (PERMUSIM) bersama Pengurus Cabang Istimewa NU Tiongkok dan Jama’ah al-Hasanah mengadakan peringatan Isra’ Mi’raj di Masjid Huxi (15/4). Acara tersebut diikuti sekitar 40 orang. Peringatan Isra’ Mi’raj dilaksanakan dengan […]